Visi Misi Adalah

Bahasa Indonesia menyerap kata “visi” dari bahasa Inggris vision. Dalam khazanah bahasa, kata vision itu sendiri memiliki beberapa interpretasi.

Yang pertama, visi berarti gambaran mental. Sebuah ide atau gambaran mental mengenai sesuatu hal; sebuah pengalaman dimana seseorang mampu melihat hal-hal yang secara nyata tidak eksis, biasa-nya orang yang mengalami hal ini sedang memikirkan hal-hal spiritual, berada dalam pengaruh obat, atau mengalami gangguan mental.

Kedua, visi berarti penglihatan masa depan. Kemampuan untuk membayangkan dan merenca-nakan dengan baik seperti apa negara, masyarakat, industri, organisasi dan lain-lain di masa depan.

Ketiga, visi berarti kemampuan. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan fisik mata kita dalam melihat.

Bahasa Indonesia juga menyerap kata “misi’ dari bahasa Inggris mission. Dalam khazanah bahasa, kata misi itu sendiri memiliki interpretasi ganda.

Pertama, misi berarti pekerjaan. Secara khusus misi selalu berkaitan dengan pekerjaan militer yang cukup penting, dimana seorang serdadu dikirim ke suatu tempat untuk melakukan sesuatu.

Secara umum misi berkaitan dengan suatu pekerjaan yang dipercayakan pada seseorang yang punya kewajiban untuk melakukannya.

Yang kedua, misi berarti orang. Dalam hal ini “orang” adalah sekelompok orang yang mempunyai pekerjaan untuk mengembangkan informasi mengenai negara, organisasi, dan religi tentang suatu negara atau tempat lain, dimana sekumpulan orang tersebut berada/ditempatkan.

Nah, secara singkat visi adalah pandangan jauh ke depan. Visi sebuah organisasi adalah pandangan umum dari cita-cita yang ingin diwujudkan oleh organisasi tersebut. Penggunaan kata visi biasanya dipadankan dengan kata misi. Dimana misi adalah orang-orang yang punya tugas penting untuk mewujudkan visi secara nyata dalam kehidupan berorganisasi.

Yang lebih buruk daripada buta adalah bisa melihat tapi tidak punya visi. (Hellen Keller)

Seseorang yang memiliki uang tidak sebanding melawan sesorang yang memiliki misi (Doyle Brunson)

M.G. Citra Eka P.

Mahasiswa English Literature Universitas Negeri Surabaya – OMK Paroki Yohanes Pemandi

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: