Agenda Edisi I Oktober 2007

edisi-1-hal-1.jpg

Rencana Kegiatan K3S

Kampanye Active Non-Violence Sampai dengan 2009, Pendidikan Nilai menjadi prioritas perhatian Komisi yang akan dijabarkan dalam berbagai kegiatan orang muda. Salah satunya adalah Kampanye Active Non Violence (ANV) atau Aktif Tanpa Kekerasan yang dirancang dalam tiga kegiatan besar.

Pertama, Retret Penyadaran ANV yang akan berlangsung pada Kamis s/d Minggu, 4 – 7 Oktober 2007 di Sasana Krida Jatijejer, Trawas, Mojokerto. Retret ini akan melibatkan 40 orang aktivis Mudika dan kelompok kategorial se-Keuskupan Surabaya. Sebagai kegiatan pertama dari tiga rangkaian kegiatan, retret ini memang diarahkan menjadi forum untuk studi intensif tentang ANV dan gerakan ANV.
Kedua, mencetak dan menerbitkan berbagai bentuk media kampanye ANV seperti kaos, stiker, leaflet doa dan kalender. Meski tingkat pemahaman orang muda Katolik (OMK) terhadap gerakan ANV tidak serta merta dapat ditingkatkan dengan penyebaran media kampanye ini, setidaknya media kampanye ini dapat menjadi “alat bantu” untuk menciptakan jargon atau slogan yang eye catching dan mudah diingat. Jika jargon atau slogan ini sudah semakin familiar maka kampanye ini dapat dilanjutkan pada tingkat yang lebih tinggi dan massal di lain waktu.
Ketiga, menggelar konser kampanye ANV sebagai “gong” dari rangkaian kegiatan kampanye ini dengan melibatkan sebanyak mungkin kelompok-kelompok OMK yang menggeluti dunia seni dalam berbagai bentuk (musik, teater, puisi, operet, seni rupa, seni instalasi, dll). Kepanitiaan konser ini akan bekerjasama dengan Komisi Liturgi Keuskupan Surabaya (ketua : Rm Dicky Rukmanto, Pr). Secara personal, kepanitiaan juga akan diisi beberapa aktivis muda Katolik yang berkompeten masalah kegiatan dalam skala kolosal.
Ketiga rangkaian kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai pada konser kampanye melainkan diharapkan dapat memberi inspirasi bagi gerakan-gerakan selanjutnya baik yang diadakan oleh Komisi maupun komunitas OMK lainnya. Dukungan dan fasilitas dari umat tentu sangat diharapkan dalam rangka merintis gerakan ANV menuju masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nilai solidaritas, keadilan dan kesejahteraan bersama.World Youth Day – Australia 2008
Komisi membentuk kepanitiaan bersama Komunitas Emmanuel Surabaya dalam rangka rekrutmen kontingen Surabaya dalam WYD ’08 dan sosialisasi WYD ’08. WYD yang diadakan 3 tahun sekali ini menjadi moment penting bagi OMK untuk berinteraksi bersama OMK se-dunia dan bersama Paus memperkuat identitas iman di tengah modernisasi.

WYD ’08 bertema : You will receive power when the Holy Spirit has come upon you; and you will be my witnesses” (Acts 1:8). (“Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku”. [Kis. 1 : 8]) dan diperkirakan akan dihadiri oleh 500.000 orang muda dari seluruh penjuru dunia. WYD sebelumnya diadakan di Cologne, Jerman pada Agustus 2005.
WYD akan berlangsung pada 15 – 20 Juli 2008 di Sydney, Australia. Menurut rencana, kontingen Surabaya akan berangkat lebih awal (10 Juli 2008) guna mengikuti retret Komunitas Emmanuel di lokasi yang sama. Sebelum berangkat, kontingen Surabaya juga akan menerima pembekalan materi dari Komisi sehari sebelum pemberangkatan.
Kepanitiaan WYD mulai bekerja sejak 20 Agustus 2007 dengan beberapa agenda yaitu : (1) Pendalaman Materi WYD, 30 September 2007 (2) Misa Pembukaan WYD oleh Uskup Surabaya, 27 Oktober 2007 (3) Road Show paroki Regio I Keuskupan Surabaya, waktu belum ditentukan (4) Retret rohani WYD, waktu belum ditentukan dan (5) Gathering kontingen WYD Surabaya, waktu belum ditentukan.
Perhatian dan dukungan Paus Benedictus XVI kepada OMK memang perlu ditanggapi dengan keseriusan untuk memperdalam materi dan tema WYD yang akan sangat relevan dengan dinamika OMK di berbagai komunitas.

Publikasi Penelitian OMK
Pada Desember 2007, Komisi juga akan menggelar seminar publikasi hasil penelitian yang sudah dilakukan tahun lalu. Penelitian tentang dinamika OMK ini proses pengerjaannya melibatkan beberapa relawan Komisi. Publikasi penelitian ini diharapkan akan menjadi data yang membantu Komisi dan banyak pihak lainnya dalam mendinamisir OMK Keuskupan Surabaya.


Aktivitas Lainnya
Di luar aktivitas Komisi, ada beberapa agenda yang diprakarsai oleh OMK di Regio I Keuskupan Surabaya, antara lain :
Pertama, Misa Sumpah Pemuda Paroki Kristus Raja pada 28 Oktober 2007 yang kepanitiaannya didominasi oleh Mudika dan Orka. Puncak acara adalah HUT Paroki yang dilaksanakan pada 24-25 November 2007.
Kedua, HUT Paroki St Marinus Yohanes Kenjeran pada tanggal yang sama dengan agenda di atas. Bedanya, panitia HUT ini sepenuhnya dipegang oleh Mudika dan dikemas dengan gaya orang muda. Acaranya berupa panggung hiburan dan lomba-lomba serta bazaar.
Ketiga, Kebangunan Rohani Katolik New Springtime 2007 ke-7 yang diadakan pada 10 November di WTC Lt. 3. Dengan kepanitiaan yang sepenuhnya dipegang oleh orang muda, acara ini patut mendapat apresiasi mengingat seri kegiatan yang sudah berlangsung lama sampai seri ke-7.

Yudhit Ciphardian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: