Bengawan Edisi II November 2007

edisi-2-hal-3.jpg
Menimba Ilmu Tim Kreatif Konser GATK

Dalam beberapa waktu ke depan, tepatnya 1 Desember 2007, Komisi Kepemudaan akan menggelar Konser Kampanye Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan (GATK) bertajuk “3-D Project 4 Peace” di Sport Hall St Agnes jalan Mendut Surabaya. Konser kampanye ini berisi beragam ekspresi seni, mulai dari pameran foto dan lukisan, seni instalasi (patung, abstraksi benda, pantomim, aktor, dll) dan drama musikal. Rangkaian kegiatan seni ini secara bersama mengusung tema besar “Live Better With Non-Violence”. Konser ini adalah puncak rangkaian kampanye GATK di Keuskupan Surabaya.

Semuanya dimulai September lalu saat beberapa pengurus dan relawan Komisi Kepemudaan berkumpul bersama beberapa teman baru yang sudah cukup senior. Pertemuan week end itu dilangsungkan di sebuah rumah di Klampis. Beberapa teman senior ini sengaja diikutsertakan dalam kepanitiaan untuk memperkuat gagasan, konsep dan pelaksanaan Konser Kampanye ini. Mereka belum pernah bekerjasama dengan Komisi Kepemudaan, namun rekam jejak (track record) mereka sebagai aktivis sosial muda sudah teruji dalam berbagai kesempatan.
Dalam kepanitiaan mereka disebut Tim Kreatif. Ada Lukas Edi dan Yoshua Swarnadwipa yang akan mengatur pameran foto dan lukisan, Peter Megantara yang akan menyiapkan seni instalasi, Dawer Widiantoro yang akan menyutradarai drama musikal, Roni Kleden yang bertanggungjawab soal musik & theme song, Erick Genjur yang menulis naskah dan asisten sutradara, dan Agus Ahong yang akan mengkoordinir panggung dan perlengkapan teknis lainnya. Satu-satunya perempuan dalam Tim Kreatif adalah Nancy Liem yang menyusun cerita drama, dan yang bersama rekan-rekannya akan mengurusi kostum, make-up dan koreografi.
Sejak awal delapan orang ini memang ditempatkan sebagai penggagas, perencana dan pelaksana konsep acara dengan dibantu oleh Tim Produksi yang berisi 30-an orang. Dalam kepanitiaan yang bekerjasama dengan Komisi Liturgi dan Susteran SSpS ini, Tim Kreatif bekerja tanpa kenal lelah. Aktivitas rapat malam sampai larut sudah biasa bagi Tim Kreatif ini, meski beberapa orang dari mereka sudah berkeluarga. Latar belakang aktivis membuat mereka terbiasa dalam diskusi yang panjang, berat dan melelahkan. Belum lagi soal adu gagasan, menyatukan konsep dan argumentasi yang ketat sudah menjadi kebiasaan mereka.
Bagi pengurus dan relawan Komisi, keterlibatan para aktivis veteran ini banyak memberi sumbangsih dan pencerahan. Kinerja, keseriusan dan komitmen mereka memberi teladan yang bagus untuk kelanjutan program-program Komisi. Kita dukung sepenuhnya Konser Kampanye GATK ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: