Agenda Edisi VII April 2008

horda-5-hal-1.jpg

AgendaTemu Moderatores Jawa Plus 2008
Awal Februari besok, panitia Temu Moderatores Jawa Plus 2008 akan berkumpul di Trawas untuk membicarakan tema besar, persiapan-persiapan dan perencanaan kerja untuk gawe besar ini. Steering Comitte (SC – panitia pengarah) terdiri dari para imam dari Keuskupan Surabaya, Keuskupan Malang, Keuskupan Agung Semarang dan Keuskupan Agung Jakarta. Sedangkan Organizing Comitte (OC – panitia pelaksana) adalah Komkep Keuskupan Surabaya.


Konsolidasi OMK 2008
Pertemuan gabungan pertama antara ketua-ketua Mudika Paroki dan ketua-ketua kelompok kategorial berlangsung Kamis (24/1) lalu.
Beberapa hal sudah disepakati yaitu soal nilai dan tujuan yang ingin diperjuangkan yaitu : kesatuan OMK, perdamaian dan sense of belonging OMK. Isu strategisnya (jangka panjang) adalah konsolidasi OMK di Keuskupan Surabaya, sedangkan isu taktisnya (jangka menengah) adalah soal lingkungan hidup yang notebene juga menjadi tema Aksi Puasa Pembangunan 2008 Keuskupan Surabaya.
Rencananya, pertemuan akan dilanjutkan dengan agenda pembentukan Tim Perumus dan Tim Pelaksana yang akan bekerja bersamaan untuk merancang dan mempersiapkan rencana 11 kegiatan (baca HORDA! edisi Januari 2008) yang diusulkan oleh Komkep.

Komunitas Jumatan ; Sanggar dan Kelompok Studi
Untuk lebih menggairahkan OMK di Surabaya dan sekitarnya, Komkep membentuk Sanggar Budaya dan Kelompok Studi yang akan beraktivitas setiap Jumat (oleh karenanya disebut Komunitas Jumatan) mulai Februari 2008.
Sanggar dan Kelompok Studi diharapkan diisi oleh orang-orang yang (mayoritas) sama dan saling bersinergi satu sama lain.
Sanggar akan “mengisi” dimensi afeksi dan psikomotorik, sedangkan Kelompok Studi akan “mengisi” pada dimensi kognisi. Perpaduan ini diharapkan dapat mengembangkan kualitas pribadi OMK yang beraktivitas di Komkep.

Fasilitator Gladi Rohani SMAK Frateran
Melanjutkan kegiatan pendampingannya, Komkep kembali akan menjadi fasilitator untuk 4 gelombang (4 kelas) pada 15 – 23 Februari mendatang.
Evaluasi terhadap pendampingan sebelumnya (7-15 Januari) sudah dilakukan dan perlu dilakukan penyempurnaan. Modul materi yang lebih rapi dan detail juga sudah dirancang. “Pasukan” tim retret juga sudah belajar banyak dari proses sebelumnya. Maka, pantaslah kita berharap ada kemajuan dalam pendampingan kali ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: