Dinamika Edisi V – Februari 2008

Fasilitator Retret SMAK

Komkep Surabaya mengawali tahun 2008 ini dengan melaksanakan agendanya yaitu pendampingan retret SMAK Frateran Surabaya pada tanggal 7-15 Januari di Puhsarang Kediri. Tim retret yang dikomandani oleh Rm. Cuncun ini berangkat dengan persiapan yang serba cepat dikarenakan oleh kondisi waktu. horda-5-hal-2.jpg


Pendampingan retret SMAK Fratreran ini sesuai dengan jadwal terdiri atas 4 gelombang (bergantian antara kelas XI IPS 1 sampai dengan 4) dimana setiap gelombangnya diadakan selama 3 hari 2 malam. Tim retret dari Komkep sendiri yaitu mas Dawer, Pak Joko, Pak Adhi, mbak Yuni, Ade, Dinda, mbak May, Nico, Bayu, dan Tyo ditambah 2 orang relawan OMK Kediri Ayik dan Rudi.
Retret ini sesui dengan apa yang disepakati dengan pihak SMAK Frateran Surabaya merupakan sebuah retret dengan metode proses. Pada awal persiapan pendampingan retret ini terbentur dengan waktu liburan dan orang-orang yang baru pertama kali saling bekerjasama, namun semuanya bisa berjalan dengan baik.

Selama kegiatan retret ini banyak kejutan-kejutan dan sedikit kendala yang dihadapi oleh tim pendamping. Salah satunya adalah ketika para tim pendamping harus berhadapan dengan kondisi siswa peserta retret yang berbeda-beda karakter. Sesuai dengan komitmen awal yang disepakati dengan pihak SMAK Frateran Surabaya bahwa tim retret berupaya untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, keheningan, kepekaan, tahu waktu, dan kebersamaan. Setiap gelombang (tiap kelas) mendapat 5 sesi utama yang telah di jadwalkan oleh tim yaitu sesi pengenalan diri, relasi dengan sesama, relasi dengan Allah, kepekaan sosial, dan ditutup dengan rencana tindak lanjut peserta.
Pada setiap sesi selalu diselipkan sharing dalam kelompok-kelompok kecil dan juga kegiatan wawancara langsung pada masyarakat (khusus di sesi 4 kepekaan sosial), dengan tujuan agar peserta dalam hal ini siswa dan siswi SMAK Frateran Surabaya dapat menumbuhkan kepekaan dari dalam diri peserta terhadap situasi sekitar. Hal ini disampaikan agar peserta dapat memahami dan meresapi hubungan setiap materi-materi yang mereka peroleh.
Secara umum kegiatan pendampingan retret ini berjalan dengan baik dan lancar. Banyak cerita menarik, pengalaman baru, dan proses pembelajaran yang bisa didapat, baik oleh peserta maupun tim pendamping. Walaupun begitu pendapingan retret SMAK Frateran Surabaya ini masih merupakan langkah awal, banyak hal-hal lain yang masih perlu dipelajari oleh seluruh tim pendamping. Semoga apa yang telah diberikan oleh tim pendamping bisa berguna dan menjadi bekal bagi kawan-kawan di SMAK Frateran Surabaya dan OMK Surabaya lainnya.

(Emanuel Bayu & Setiohadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: