Dinamika Edisi V – Februari 2008

Pembentukan Sanggar Komkep

Setelah dua bulan bergelut dengan latihan drama, musik dan rapat-rapat menjelang Konser Kampanye Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan (GATK) 1 Desember 2007 lalu, para pemain, kru dan panitia mendapat kesempatan untuk berkumpul lagi dalam suasana yang lebih rileks di Jatijejer, Trawas Mojokerto pada 9-10 Januari lalu.horda-5-hal-3.jpgRencana pembentukan sanggar OMK ternyata bukan isapan jempol belaka, ini dibuktikan dengan diadakannya pertemuan yang lebih serius, guna membahas lebih lanjut arah dan tujuan pembentukan Sanggar yang lebih profesional.

Banyaknya peserta yang ikut membuat jadwal keberangkatan harus diatur dalam beberapa kelompok. kloter pertama jam 16.00, kloter kedua jam 19.00 dan kloter ketiga jam 22.00 (khusus untuk yang membawa motor).
Acara di malam pertama diisi perkenalan dan game untuk mencairkan suasana dan memperat persaudaraan. Plus pemutaran rekaman teater monolog “Sarimin” Butet Kertaradjasa saat pentas di Yogyakarta tahun lalu. Pemutaran ini dimaksudkan untuk belajar tentang seni pertunjukkan yang komersil, mendidik sekaligus menghibur.
Kondisi tempat yang kurang strategis dan ruang aula yang sempit, membuat pertemuan harus dipindah. Maka keesokan harinya pertemuan dilanjutkan di Sasana Krida, Jatijejer, Trawas. Setelah menikmati mandi pagi yang dingin dan puas menyantap sarapan, acara dilanjutkan dengan diskusi tentang teater bersama Joshua Swarnadwipa, aktivis senior yang sudah malang-melintang di dunia kesenian dan Erick “Genjur” Saputra, asisten sutradara dan penulis skenario Konser Kampanye GATK lalu.
Sebelum makan siang, acara ditutup dengan penampilan drama dadakan yang dimainkan oleh Genjur, Boni, Ornella, Dwi, Bayu, Arya dan Edo dengan cerita parodi Sangkuriang yang berjudul “Sangkengkurang”. Sketsa yang sangat kocak dan spontan ini menunjukkan bahwa kreativitas bisa muncul di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.
Sesuai kesepakatan, pembentukan Sanggar Komkep akan dirumuskan oleh Tim Formatur di Surabaya. Hal-hal yang akan dibicarakan adalah tentang [1] visi, [2] misi, [3] tujuan, [4] bentuk kegiatan, [5] keanggotaan, [6] identitas, [7] legalitas, [8] operasional dan [9] kepengurusan.

(Fransiscus Gandhi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: