Dinamika Edisi VII April 2008

BERLANJUT, KAMPANYE ACTIVE NON-VIOLENCE

Sesuai dengan agenda Komkep sampai 2009 yang memprioritaskan pendidikan nilai, pada tanggal 8-9 Maret yang lalu Komkep kembali menyelenggarakan Retret Penyadaran ANV. Tidak seperti retret ANV sebelumnya, retret kali ini melibatkan sekitar 80 frater dari seminari Giovani, Malang. Dalam retret yang berlangsung dalam waktu yang cukup singkat, para frater mampu memberikan berbagai sharing mengenai pengalaman kekerasan serta pengenalan bentuk-bentuk gerakan aktif tanpa kekerasan. Retret ini dipandu oleh satu tim retret, yaitu Rm. Sabas Kusnugroho, Pr, Sr. Ruth Mulyani, Yudhit Ciphardian, Agnes Rosari, dan Anastasia Nursanti.


Sesi pertama retret ini dimulai pada hari Sabtu, 8 Maret 2008 pukul enam sore. dalam sesi pertama, para frater diajak untuk membagikan berbagai pengalaman-pengalaman kekerasan. Bagi para frater, pengidentifikasian kekerasan dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang cukup mudah. Sesi yang dipimpin oleh Yudhit ini dilanjutkan dengan pengenalan mengenai bentuk-bentuk kekerasan serta struktur dan anatomi kekerasan. Dalam sesi berikut yang berlangsung setelah makan malam, , para frater diajak untuk meninjau sejarah gerakan aktif tanpa kekerasan. Sesi ditutup dengan pemutaran sebuah film yang berjudul Nashville. Film ini menceritakan bagaimana sebuah gerakan aktif tanpa kekerasan mampu mengubah struktur social masyarakat di kota Nashville, Amerika Serikat.
Kegiatan retret pada hari Minggu, 9 Maret diawali dengan misa yang dipimpin langsung oleh Rm. Sabas Kusnugroho. Kemudian dilanjutkan dengan sesi retret yang dipandu oleh Sr Ruth Mulyani. Dalam sesi ini, para frater diajak untuk mengenali spiritualitas gerakan aktif tanpa kekerasan, yang sumber inspirasi utamanya berasal dari Yesus sendiri. Seluruh rangkaian kegiatan retret ditutup dengan sharing pemahaman para frater mengenai gerakan aktif tanpa kekerasan. Gagasan untuk mengadakan retret penyadaran ANV bagi mahasiswa di wilayah keuskupan Malang menjadi rencana tindak lanjut retret ini. Semoga dengan terus berlanjutnya kegiatan kampanye ANV ini, gerakan-gerakan aktif tanpa kekerasan dapat dikenal secara luas, dan mendukung terbentuknya masyarakat yang menjunjung tinggi nilai solidaritas, keadilan, dan kesejahteraan bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: