AGENDA – HORDA Juni

Rekoleksi Kontingen WYD SYD 2008
Dari Kontingen Menjadi Komunitas

Gereja Katolik memiliki kekayaan rohani yang luar biasa beraneka ragam. Kekayaan tersebut antara lain tersimpan dalam penghayatan iman orang yang hidup di berbagai belahan dunia. Peristiwa yang amat indah terjadi ketika kekayaan rohani itu dirayakan dan saling dibagikan. Suatu forum pertemuan orang muda Katolik se-dunia menjadi kesempatan yang tepat untuk mengalami kelimpahan rohani Gereja Katolik. World Youth Day 2008 akan diselenggarakan di Sydney pada tanggal 15-20 Juli 2008, dengan tema ‘You will receive power when the Holy Spirit has come upon you; and you will be my witnesses.’ (Acts 1:8).

Komkep bekerjasama dengan Komunitas Emmanuel Indonesia berniat untuk memfasilitasi keberangkatan orang muda Katolik terutama dari wilayah Keuskupan Surabaya untuk mengikuti WYD 08. Dalam rangka mematangkan persiapan hal tersebut, diselenggarakanlah rekoleksi untuk para peserta yang sudah terdaftar.


Dalam rekoleksi yang diadakan pada Sabtu-Minggu, 31 Mei sampai 1 Juni di Wisma Aloysii Pacet ini, diharapkan peserta dapat dibantu untuk mengelola relasi dan kerjasama antaranggota kontingen dan memperdalam penghayatan spiritualitas serta mempersiapkan follow up kegiatan WYD.
Tujuan utama rekoleksi ini adalah mengarahkan kontingen Surabaya ini menjadi sebuah komunitas sekaligus memperkuat orientasi para kontingen untuk menjadikan momentum ini sebagai sebuah perziarahan.
Menurut rencana, rekoleksi ini tidak hanya berisi perkenalan, tapi juga identifikasi motivasi dan pendalaman materi pesan Bapa Suci Paus Benediktus XVI tentang WYD.
Yang juga dipersiapkan dalam rekoleksi ini adalah performance kontingen yang akan ditampilkan di panggung yang disediakan oleh panitia lokal WYD.
Kepanitiaan WYD Surabaya mulai bekerja sejak Agustus tahun lalu dan sudah menjaring peserta sebanyak kuota yang ditetapkan yaitu 50 orang. Rekoleksi ini adalah puncak persiapan sebelum berangkat ke Sydney. Kontingen Surabaya yang disubsidi oleh Komunitas Emmanuel Internasional akan berangkat satu minggu sebelum perhelatan WYD dimulai. Keberangkatan awal ini dimaksudkan untuk mengikuti retret Komunitas Emmanuel yang juga diikuti oleh orang-orang muda dari seluruh dunia.
Selama rekoleksi juga akan dibicarakan follow up apa yang bisa dirancang oleh para kontingen sepulangnya dari WYD dan membawa manfaat bagi OMK di Surabaya.
Jauh-jauh hari Bapa Suci Paus sudah mengingatkan bahwa WYD bukanlah sebuah wisata melainkan sebuah perziarahan iman. Semoga itulah yang terjadi(*)

One Response to “AGENDA – HORDA Juni”

  1. Yu'sephine Lily Says:

    Mau bertanya.. apakah Rm. Sabas Kusnugroho ikut rombongan The World Youth Day di Sydnye? pls info-in.. ini dari temen lama Rm. Sabas di Australia… email : lieliana24@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: