Sharing – Horda Juni

Menjadi Suster, Sehari Serasa Selamanya

Waktu pertama kali aku didaulat memerankan suster Clara, rasanya aku nggak percaya. Keseharianku berbeda banget dengan perilaku seorang suster dan itu memaksa aku banyak berdoa minta petunjuk apakah pantas?.
Menjelang syuting, saat pertama tiba di Biara Putri Kasih, aku merasakan ketenangan dan kenyamanan. Saat itu aku benar-benar menyadari bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat terselesaikan, asal kita benar-benar mau menyerahkan diri pada Yesus. Aku benar-benar merasakan kuasa Allah yang benar-benar nyata. Saat itu segala rasa ragu dan cemas tiba-tiba terlepaskan. Apalagi waktu aku mencoba baju suster. Dari mulai baju, rok, dan kerudung suster, semuanya cocok dengan ukuran tubuh dan kepalaku.
Disamping itu, sewaktu berada di dalam Kesusteran Putri Kasih, para suster disana benar-benar mau membimbing agar aku bisa berperilaku layaknya seorang suster. Meski baru kenal dengan para suster, tapi rasanya sudah kenal dekat banget. Pokoknya aku merasa bahagia saat bersama para suster disana.
Yang paling mengharukan bagiku adalah saat pengucapan kaul dan ibadat malam. Saat ibadat malam aku menjadi pemimpin mazmur. Sebenarnya aku nggak bisa nyanyi, tapi suster-suster dengan sabar membantu agar aku bisa menyanyi. Selama disana aku sering banget bercanda dengan para suster. Mereka sering menggodaku dengan mendoakan agar aku besok benar-benar menjadi suster. Wah, itu hal yang paling membuat aku resah.
Pokoknya menyenangkan banget dech disana. Banyak sekali kenangan yang aku dapatkan disana. Rasanya aku bersyukur sekali karena sudah memerankan episode ini dengan baik. Dan karena peran ini, aku bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang suster. Dulu waktu SD sebenarnya ingin jadi suster, tapi karena beberapa hal, niatku hilang.
Aku berterimakasih untuk semuanya, untuk KOMSOS, KOMKEP, dan Pihak RCTI, karena melalui merekalah aku bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang “suster”.
Jangan lupa nonton episode “Meninggalkan Tuhan Untuk Tuhan”, di RCTI, Minggu, 15 Juni 2008 pk 14.00 wib.

(Birgitta P. Ardhana)

Leave a Reply

