Rekoleksi Kontingen WYD-SYD 08

Rekoleksi Kontingen WYD-SYD 08

Mengikuti World Youh Day bukan sekedar jalan-jalan ke luar negeri, bertemu teman-teman baru dan bertemu Sri Paus, tapi juga mengemban misi pewartaan dalam sebuah perziarahan iman. Dalam rangka itulah, 44 kontingen peserta WYD dari Surabaya berkumpul di Wisma ResiAloysii, Claket, Pacet, Mojokerto guna mengikuti rekoleksi yang diadakan oleh Komkep dan Komunitas Emmanuel sebagai panitia pemberangkatan. Acara ini digelar Sabtu-Minggu, 31 Mei-1 Juni lalu dan difasilitasi oleh pengurus Komkep (Rm. Cuncun, Rm. Sabas, Yudhit, Dawer, Agnes, Siani) dan pengurus Komunitas Emmanuel (Felicia, Lily, Yudi, Raymond, Yohana dan Maria).
Selain untuk (1) meneguhkan kesadaran ziarah, acara ini juga dimaksudkan untuk (2) menabur benih berkomunitas, pasca WYD dan (3) memantapkan persiapan teknis keberangkatan.
Menabur benih berkomunitas telah dimulai dari masa pemberangkatan. Dengan dibagi menjadi 8 kloter pemberangkatan , para peserta dapat memanfaatkan waktu perjalanan dengan lebih dulu saling mengenal satu sama lain. Mulai dari basicdata sampai detail kegiatan mengisi waktu luang .


Rekoleksi ini dibuka dengan perkenalan dengan games untuk mengakrabkan peserta yang belum saling mengenal salah satunya dengan membuat kelompok berisi anggota berinisial awal beda. Setelah disegarkan dengan games , peserta dibagi menjadi 7 kelompok dan masing2 kelompok men-sharing-kan empat pertanyaan dasar: (1) darimana mendapat info mengenai WYD, (2) mengapa tertarik dan mau ikut terlibat dalam WYD, (3) apa harapan dan kekuatiran pada keterlibatan dalam WYD dan (4) bagaimana sikap dan tindakan demi mengantisipasi pertanyaan nomer tiga. Hasil sharing tersebut kemudian dipresentasikan oleh wakil kelompok dalam pleno sekitar 45 menit sebelum mengakhiri kegiatan pada hari itu dengan ibadat malam bersama. Ibadat malam dipimpin oleh Rm Sabas yang ditutup dengan adorasi Sakramen Maha Kudus.
Pada hari kedua, acara dibuka dengan misa pagi yang dipimpin oleh Rm. Eko Wiyono dan diteruskan dengan sesi yang cukup serius (setelah hari sebelumnya boleh dikatakan “baru sebagai pembuka” acara rekoleksi) yaitu sesi pendalaman tema WYD. Sesi mengenal Gereja Katolik Indonesia dan sesi penjelasan rangkaian kegiatan WYD. Pada dasarnya, metode yang banyak digunakan pada sesi-sesi ini adalah ceramah, karena menyangkut hal-hal informatif seperti tentang pedalaman iman Katolik, pemahaman pesan Bapa Paus untuk WYD, sharing mengenai keadaan Gereja Katolik di paroki Apo Kayan, Tanjung Selor, Kalimantan Timur oleh Rm. Paul Gusti, dan round-down acara selama WYD di Sydney nanti dan juga hal-hal teknis menyangkut persiapan sebelum berangkat dan selama mengikuti WYD nanti.
Pada kesempatan ini pula, dibentuklah beberapa divisi dalam menangani beberapa hal sebagai berikut: (1) mengoordinir segenap anggota kontingen agar dapat mencapai tujuan perziarahan melalui WYD ini, (2) mendokumentasikan acara dalam bentuk video, (3) mengordinir kebutuhan financial kontingen, (4) mengordinir barang bawaan keperluan kontingen (diluar keperluan pribadi), (5) membantu kesiapan fisik peserta dalam sisi medical info dan (6) Menerjemahkan isi pengajaran/sesi yang menggunakan bahasa Inggris selama kegiatan.
Pada penutupan sesi, dijelaskan pula acara performance, yaitu tarian “dolanan” yang akan dibawakan oleh seluruh peserta kontingen, yang dipersiapkan untuk mengisi acara pada Youth Festival nanti.
Sebelum berangkat, para peserta akan berkumpul lagi pada Selasa, 8 Juli di Wisma Hening Griya Surabaya untuk pembekalan dan checking terakhir.
Kiranya persiapan hati jauh lebih penting daripada persiapan teknis, seperti yang dikatakan Ketua Konferensi Uskup Australia di KWI, Agustus 2007, “mengikuti World Youth Day adalah mengikuti peziarahan orang muda Katolik, bukan piknik ! Anda peziarah bukan turis !”.

Siani Hadiprajitno

One Response to “Rekoleksi Kontingen WYD-SYD 08”

  1. vincent Says:

    Anda juga bisa mengikuti jadwal WYD 2008 dan rangkaian peristiwa selama WYD di http://www.via-veritas.com
    Selamat berziarah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: