Setelah Nyepi Lalu Aksi

Setelah Nyepi Lalu Aksi

Diskusi sebagai follow-up dari kegiatan Komkep Nyepi Agustus lalu diadakan pada Selasa awal pekan September 2008 di Bengawan. Seperti dikemukakan di Horda! edisi sebelumnya, Komkep Nyepi ini diharapkan dapat menemukan sebuah rumusan atau formula strategis yang akan menjadikan Komkep semakin maju dan bisa menjawab kebutuhan dan tantangan global yang dihadapi OMK .
Diskusi lanjutan Komkep ini diawali dengan mereview kembali narasi-narasi hasil diskusi dari masing-masing kelompok yang didalamnya berisi tentang Komkep hari ini, Komkep esok, pilihan strategis (berdasar skala prioritas), dan kualifikasi personal. Hal ini dilakukan sebagai penyegaran setelah dua minggu lebih narasi-narasi hasil Komkep Nyepi yang terdiri atas 3 butir isu strategis antara lain Sistem Jaringan Personal (kelompok 1), Capacity Building (Kelompok 2), dan Ekosistem Misioner (Kelompok 3) belum sempat ditindak lanjuti. Rencananya ketiga narasi itu akan diwujudkan menjadi sebuah program kegiatan yang bermanfaat untuk Komkep dan OMK umumnya.
Sebelum sampai pada perencanaan program, ketiga narasi itu “dibedah” lagi dengan memakai “peta wilayah strategis” yang dimiliki Komkep. Hal ini diperlukan agar program yang direncanakan benar-benar strategis pula. Ketiga wilayah strategis itu adalah Spiritualitas, Ekosistem, dan Personal (selengkapnya baca box “Tiga Wilayah Strategis”)
Ketiganya merupakan bagian-bagian yang tidak berdiri sendiri, namun saling terkait. Setelah penjelasan tentang wilayah strategis ini disampaikan, setiap kelompok diharapkan dapat membuat semacam rekomendasi ataupun rencana aksi yang bernilai dan memiliki dampak “luas” (mencakup ketiga wilayah strategis), “panjang” (selalu relevan untuk waktu yang lama), dan “dalam” (mampu menjawab setiap persoalan dasar).
Disinilah fungsi wilayah strategis sebagai media pengatur arah dalam membuat sebuah rekomendasi atau rencana aksi. Segera setelah itu masing-masing kelompok berdiskusi lagi untuk membuat rencana aksi.
Kelompok 2 yang membawa isu strategis tentang Capacity Building mengadakan pertemuan pada Senin (15/9). Dari diskusi diperoleh usulan rencana aksi untuk mengadakan pelatihan Analisa Sosial (Ansos) dan pelatihan Manajemen Program.
Pada saat bersamaan pula kelompok 3 yang mengusung isu strategis Ekosistem Misioner juga berdiskusi.
Kelompok ini mengusulkan kegiatan Raker (rapat kerja) Komkep. Raker ini memiliki tujuan untuk menyusun sebuah bentuk aktivitas yang terpola di dalam Komkep.
Sementara itu, dua hari sesudahnya, kelompok 1 yang membawa isu strategis tentang Sistem Jaringan Personal mengadakan semacam sharing ilmu seorang salesman dalam membangun relasi. Sebagai narasumbernya adalah Siani Hadiprajitno (mantan pengurus inti Komkep).
Sharing ini menyumbang banyak bahan bagi kelompok 1 untuk membuat rencana aksi. Akhirnya diskusi kelompok 1 menghasilkan rekomendasi untuk melakukan reinventing yang meliputi riset, dan pengolahan hasil riset. Tahap berikutnya adalah menggelar forum untuk mempresentasikan hasil riset dan mempelajari “product knowledge” bagi setiap relawan Komkep. Dari sini, “product” Komkep tersebut akan disosialisasikan ke segenap OMK di Keuskupan Surabaya. Dengan “product” itu diharapkan terbinanya sebuah jaringan antara Komkep dengan kelompok/komunitas OMK baik secara personal ataupun organisasi.
Apa yang dihasilkan dalam diskusi tiap kelompok ini diharapkan akan semakin menemukan formula yang tepat guna mengembangkan dan memajukan Komkep dan OMK.
Proses masihlah panjang. Namun sebagaimana orang bijak sering berpesan, sebuah perubahan akan terjadi lewat sebuah langkah pertama. Setelah itu, proses aksi dan refleksi harus seimbang agar langkah bersama semakin mantap.
Maka, mari beraksi!. (*)
Setiohadi “Tyo”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: