Keuskupan Berbenah, Komisi Juga

Keuskupan Berbenah, Komisi Juga

horda-14-hal-3Dalam masa penggembalaan Mgr Vincentius Sutikno, Keuskupan Surabaya merancang beberapa pembenahan baik struktural Keuskupan maupun gerak karya pastoralnya.
Secara struktural, Keuskupan memperkenalkan beberapa badan-badan baru yang sudah terbentuk maupun yang sedang dimatangkan. Kantor Koordinasi Pastoral (KKP) adalah salah satunya (baca HORDA! edisi Oktober 2008). Struktur baru lainnya, misalnya, Dewan Pastoral Keuskupan (DKP) yang akan diprioritaskan diisi oleh kaum awam, warga gereja sebagai “kawan berpikir”. Juga ada Dewan Imam yang sudah terbentuk sebelumnya.
Dalam gerak karya pastoral, Keuskupan memperkenalkan model Kevikepan sebagai pengganti model Regio. Keuskupan Surabaya kini memiliki tujuh kevikepan yaitu Surabaya Utara, Barat, dan Selatan, plus Kevikepan Madiun, Kevikepan Cepu dan Kevikepan Blitar.
Perubahan-perubahan ini dibingkai dalam sebuah model menggereja yang disebut Pola Pastoral Berbasis Persekutuan.
Nah, pembenahan dan perubahan itu juga mencakup komisi-komisi sebagai perangkat kerja Keuskupan. Saat ini dibentuk empat kelompok komisi, masing-ma-sing adalah (1) Bidang Formatio Christiana yang terdiri dari Komisi Biak, Rekat, Kepemudaan, Mahasiswa dan Keluarga. (2) Bidang Sumber terdiri dari Komisi Kitab Suci, Katekese dan Liturgi. (3) Bidang Kerasulan Umum terdiri atas Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan, Kerasulan Awam dan Pengembangan Sosial Ekonomi. (5) Bidang Kerasulan Khusus terdiri atas Komisi Pendidikan, Komunikasi Sosial, dan Komisi Karya Misioner.
Seluruh komisi dijadwalkan bertemu sebulan sekali untuk menceritakan program kegiatan, keberhasilan, kendala yang dihadapi sembari memupuk kebersamaan. Sementara untuk masing-masing bidang juga dijadwalkan menggelar pertemuan rutin yang difasilitasi KKP.
Pertemuan pertama bidang Formatio Christiana diadakan pada Kamis, 23 Oktober lalu di kantor Komkep jalan Bengawan 3 Surabaya dihadiri oleh seluruh komisi minus Komisi Rekat.
Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan untuk rutin bertemu 2 bulan sekali dalam rangka mensinergikan program dan berbagai keprihatinan dalam bidang Formatio Christiana (pembentukan).
Gambar yang ditampilkan paling atas adalah (dari kiri) Kanisius Karyadi, sekretaris KKP, Romo Edi Laksito, Vikjen Keuskupan dan Frater Sondakh, tugas pastoral di KKP. Gambar kiri bawah adalah relawan Komisi Biak. Gambar kanan bawah adalah perwakilan Komisi Kepemudaan, Kemahasiswaan dan Keluarga.
Pembenahan sedang dilakukan. Agenda kerja sudah ditetapkan. Kehendak baik sudah dinyatakan. Tugas kita menjaganya. (Yudhit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: