Temu OMK Vikep Cepu & Kerjasama Komkep – Kerawam

OMK Vikep Cepu Obrolkan Politik

Dalam waktu tiga bulan, follow-up Seminar Penyadaran Politik OMK di Kediri pada Agustus lalu sudah menelurkan berbagai kegiatan sejenis. Setelah Kevikepan Surabaya Selatan mengawali dengan diskusi politik awal November, kini giliran Kevikepan Cepu yang unjuk gigi dengan menggelar Weekend Penyadaran Politik OMK se-Kevikepan Cepu. Acara ini dilaksanakan pada akhir pekan, 15-16 November dengan Paroki St. Petrus Tuban sebagai tuan rumahnya.
Acara yang dikemas sebagai bentuk temu kangen OMK se-Kevikepan Cepu ini berjalan cukup semarak dan meriah.
Kepanitian acara ini terdiri dari panitia inti (alumus seminar di Kediri) dan panitia lokal (tuan rumah). Peserta acara ini adalah OMK perwakilan dari masing-masing paroki di Kevikepan Cepu yaitu dari Paroki St. Petrus Tuban, Paroki St. Willibrordus Cepu, Paroki St. Pius X Blora, Paroki St. Paulus Bojonegoro, dan Paroki St. Petrus-Paulus Rembang.
Yang mengesankan dari acara ini adalah jumlah peserta yang mencapai 120 orang yang mayoritas pelajar SMU. Secara keseluruhan, isi kegiatan ini tidak jauh dari seminar Kediri yaitu berupa penyadaran bagi OMK akan pentingnya berpartisipasi dalam politik.
Acara yang dimulai Sabtu sore ini diawali dengan beberapa sambutan baik dari pihak tuan rumah dan juga dari panitia. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kontrak belajar, diskusi dan pleno kelompok yang dipandu oleh Maria Ratna Rosari (Cepu). Tema diskusi kelompok adalah definisi politik.
Doa malam yang dilanjutkan dengan informal meeting (ajang keakraban) berupa bakar jagung dan ngobrol santai, menutup hari itu. Pagi harinya, acara dibuka dengan doa pagi dilanjutkan review diskusi semalam. Sesi kedua tentang Definisi dan Prinsip Politik yang dibawakan oleh Cyntia Puspita Indriyani (Cepu). Sesi ini diisi dengan tanya jawab dan pembuatan rencana tindak lanjut (RTL) masing-masing paroki yang dipandu oleh Yulianus Andre Yuris (Komkep KS).
Sebagai penutup acara diadakan misa peneguhan yang dipimpin oleh Rm. Dadang Ardianto, Pr.
Dengan suksesnya acara Weekend Penyadaran Politik OMK oleh Kevikepan Cepu ini, diharapkan dapat menggugah OMK Kevikepan lain di Keuskupan Surabaya untuk mulai peduli dan sadar politik. Melalui acara ini tumbuh harapan baru bangkitnya OMK Kevikepan Cepu dan merangsang mereka berkarya lebih hebat di lain waktu.
Selamat dan sukses bagi Kevikepan Cepu terutama untuk tuan rumah OMK Paroki St. Petrus Tuban. Ini bukan akhir, tapi awal!.
Setiohadi Purwanto

horda-15-hal-2-33

Kerjasama Komkep dan Komisi Kerawam

Tidak semua stress “wajib” kita hindari karena stress adalah bumbu dari kehidupan ini. Makin tinggi rasa stress kita, bisa identik dengan makin aktif kita berfikir untuk hidup. Makin menandakan, kita ingin maju, tidak puas dengan apa yang kita “miliki” saat ini. Demikian gagasan yang disampaikan oleh Alfonsus Tommy Basoeki.
Psikolog alumnus SMA Van Lith ini berbicara dalam sesi Mengelola Stress dalam acara Pembekalan Spiritualitas untuk Karyawan Muda Katolik. Acara ini adalah progam dari Komisi Kerasulan Awam (kerawam) Keuskupan Surabaya.
Acara ini diadakan akhir pekan (15-16 November) lalu di Sasana Krida Jatijejer, Trawas. Beberapa relawan Komkep turut membantu acara ini secara penuh sejak pembuatan konsep acara sampai pelaksanaan.
Sebanyak 61 orang terdaftar sebagai peserta acara yang dikhususkan untuk karyawan muda Katolik ini. Sebagian besar peserta didominasi oleh karyawan muda dari paroki Kristus Raja dan paroki Redemptor Surabaya. Peserta dari Surabaya tercatat dari paroki Gembala Yang Baik, paroki Kelahiran St Perawan Maria, paroki St Maria Tak Bercela, dan paroki St Stefanus. Sementara dari luar Surabaya tercatat peserta dari paroki St. Yosef Mojokerto, paroki St Perawan Maria Gresik, paroki St Maria Jombang.
Sessi Mengelola Stress ini adalah “request” khusus dari beberapa peserta yang sudah diundang jauh-jauh hari sebelumnya. Sebagai karyawan, dapat dimaklumi, dunia kerja bisa menyuburkan stress. Tapi, sebagaimana dikutip di awal tulisan ini, stress dapat dikelola menjadi energi positif yang memberi semangat kerja.
Tommy Basoeki yang berpengalaman dalam pemberdayaan SDM menekankan untuk memaknai stress sebagai bumbu hidup yang menyegarkan hidup. Sikap kita salah terhadap stress justru menyebabkan stress tumbuh subur mewarnai hidup kita.
Sesuai dengan tema utamanya, weekend ini berisi pembekalan spiritualitas dalam bekerja. Sesi spiritualitas yang diberi judul Menyucikan Dunia dengan Berkarya disampaikan oleh Rm Kuncoro Yekti dari Komkep. Dalam sessi ini Rm Cuncun memaparkan spiritualitas merupakan suatu daya hidup yang otentik dan muncul dari dalam, sehingga mampu menggerakkan manusia untuk mampu melakukan sesuatu yang baik.
Contoh pengalaman yang menghadirkan spiritualitas: Yesus mengalami pengalaman spiritual di Taman Getsemani dan menggerakkan Yesus untuk terus maju, tidak lari dari kayu salib. Spiritualitas Yesus adalah melaksanakan kehendak Bapa, menyelamatkan umat manusia.
Ketua panitia acara ini, Basis Susilo (dekan FISIP Unair) menegaskan alasan diadakannya acara ini karena karyawan adalah kelompok yang paling potensial untuk melakukan kerasulan awam. Selain itu juga karena belum ada wadah yang menyatukan para karyawan muda di gereja. Sedangkan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menambah spiritualitas dan meningkatkan solidaritas antar karyawan muda Katolik se-Keuskupan Surabaya.
Sebagai penutup digelar misa peneguhan dipimpin Rm Eko Budi Susilo (ketua Komisi Kerawam Keuskupan Surabaya) dan dihadiri beberapa pengurus Komisi Kerawam.
* * *

One Response to “Temu OMK Vikep Cepu & Kerjasama Komkep – Kerawam”

  1. abdullah Says:

    numpang nanya,
    gereja St Pius x alamat e-mailnya apa ?
    atau kalau tahu Romo Kurdo punya situs / e-mail apa ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: