Gelombang Pendidikan Politik OMK Terus Berlanjut…

Follow-Up Temu Moderatores Regio Jawa Plus 2009 di Purwokerto
Gelombang Pendidikan Politik OMK Terus Berlanjut…

hal-1Dengan memanfaatkan momentum Pemilu 2009, April mendatang, Komkep se-Indonesia terus mendorong diagendakannya pendidikan politik bagi OMK.
Setelah mengangkat tema “OMK dan Politik” dalam Temu Moderatores 2008, Komkep KWI terus memfasilitasi program pendidikan politik bagi Komkep Keuskupan se-Indonesia.
Sebuah buku “Pendidikan Politik OMK ; Bahan Modul untuk Fasilitator” diterbitkan November tahun lalu sebagai wujud keseriusan program jangka panjang ini. Buku ini diluncurkan berbarengan dengan acara Temu Relawan Pendidikan Politik Komkep se-Indonesia di Jakarta.
Mengawali 2009, pada 2-6 Februari lalu, Komkep KWI kembali memfasilitasi acara Temu Moderatores Regio Jawa Plus 2009 di Purwokerto. Tema yang diusung adalah “Pengembangan Kapasitas Moderator OMK Untuk Pendidikan Politik”.
Tercatat 96 peserta dari 12 Keuskupan hadir dalam acara yang digelar di Hening Griya, Baturaden Purwokerto ini. Semua Keuskupan Regio Jawa (Bandung, Bogor, Jakarta, Semarang, Purwokerto, Surabaya, Malang) hadir, plus beberapa Keuskupan di luar regio Jawa (Samarinda, Medan, Banjarmasin, Makasar, Tanjung Selor).
Dalam acara 5 hari itu dihasilkan follow-up sebagai berikut :
(1) Penyadaran Hak Politik OMK oleh Keuskupan Agung Medan), (2) Live-in dan talk show tentang panggilan keterlibatan OMK oleh Keuskupan Purwokerto, (3) Peningkatan kualitas mahasiswa oleh Keuskupan Agung Jakarta, (4) Workshop pembuatan modul pendidikan politik oleh Keuskupan Agung Semarang, (5) Pengembangan kapasitas jejaring organisasi oleh Keuskupan Malang, (6) Pengembangan solidaritas OMK oleh Keuskupan Tanjung Selor, (7) Kampanye lingkungan hidup dan pendidikan politik oleh Keuskupan Bogor, (8) Kampanye lingkungan hidup oleh Keuskupan Agung Samarinda, (9) Kursus Politik oleh Keuskupan Surabaya, (10) Lomba debat politik oleh Keuskupan Bandung, (11) Paket pelatihan pengembangan kapasitas OMK dan pendamping oleh Keuskupan Makasar dan (12) Sosialisasi Temod 09 oleh Keuskupan Banjarmasin (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: