TRPP : Berlarilah sekuatmu

TRPP : Berlarilah sekuatmu

Politik itu khal-5otor, menjijikan. Politik hanya untuk kalangan elit saja. Ungkapan ini adalah salah satu tanggapan OMK melihat praktik politik. Sangat miris juga prihatin, karena anggapan ini melahirkan apatisme politik. Sikap yang tidak perlu jika kita mau sedikit terbuka dan belajar tentang dimensi lain dari politik yang mungkin sangat akrab didengar dalam bacaan injil. ”Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah” (Matius 22: 21 – 22) menyiratkan pesan bahwa Yesus Kristus sendiri mengajarkan kepada kita untuk tidak mengabaikan tanggung jawab dan kewajiban sebagi seorang warga negara yang baik salah satunya terlibat dan bersama untuk memperbaiki tata kehidupan (baca: politik) yang lebih baik .
Semangat 100% Indonesia dan 100% Katolik yang didaratkan Mgr. Soegijopranoto, SJ juga menegaskan hal yang sama. Ungkapan ini bagai curahan semangat bagi Komkep untuk melakukan pendidikan politik untuk OMK dengan membentuk Tim Relawan Pendidikan Politik (TRPP Komkep) pada 27 Oktober 2008 .
Untuk mempersiapkan diri, pada 11-13 Januari 2009 bertempat di Kalijaten, TRPP melaksanakan Kursus Politik (KURPOL) diikuti semua anggota tim yang berjumlah 13 (tigabelas) orang. Materi pokok yang dibahas dan dipelajari bersama adalah 5 paket Undang-Undang politik , Etika Filsafat Politik, Anaslisa Politik Aktual, ASG dan Community Building. Semua materi ini diharapkan menambah kapasitas tim dan relawan supaya lebih siap untuk terlibat dalam upaya pendidikan politik.
Selain itu pada 29 Januari 2009, Andre Yuris (Kordinator (TRPP) diundang Radio Suara Surabaya dalam acara Dialog interaktif Satu Hati Bersih Korupsi dengan mengambil tema ”Korupsi di Mata Kaum Muda”, bersama Ketua BEM ITS dan JCI (Junior Chamber Indonesia) . Dialog ini ingin merupakan salah satu upaya Radio SS untuk mengajak semua elemen bangsa termasuk anak muda untuk peka dan berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Radio SS sedang gencar kampanye “Satu Hari Bersih Korupsi”

Albertus Pramedy (Sekretaris TRPP Komkep KS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: