Follow Up Kurpol

Follow Up Kurpol

hal-1Pendidikan Nilai bertopik politik masih terus diupayakan oleh Komkep Surabaya sebagai salah satu bentuk arah-gerak sepanjang tahun 2009. Sebagai tindak lanjut kegiatan Temu Moderatores Regio Jawa Plus 2009 yang dilangsungkan di Purwokerto beberapa waktu yang lalu, maka Komkep Surabaya bekerjasama dengan Pelayanan Pastoral Mahasiswa (PPM) mengadakan Kursus Politik OMK dan Mahasiswa di Claket, Mojokerto pada 7-9 Maret lalu. (liputan lengkapnya dapat dibaca di hal. 5).
Tiga hari berproses rupanya mampu menyulut semangat para anak muda ini untuk menekuni lebih dalam soal nilai-nilai dalam pendidikan politik hingga akhirnya mereka bersepakat menindaklanjuti kegiatan ini dengan membawa ke lingkup masing-masing baik di lingkungan mahasiswa maupun paroki-paroki tempat mereka berkarya.
Kevikepan Cepu memilih tanggal 26 Maret 2009 untuk mengadakan Pertemuan Pemantapan Team Kevikepan Cepu. Agenda dari pertemuan ini adalah konsolidasi dan perencanaan tindak lanjut Kurpol bagi perwakilan OMK di Kevikepan Cepu di paroki (Tuban, Cepu, Blora).

Kevikepan Madiun berusaha mensinkronkan RTL dengan kegiatan rutin yang sudah berlangsung lewat misa rutin pada tanggal 15 Maret 2009 dengan menambahkan muatan sosialisasi Temod dan Kurpol serta kebutuhan untuk bersama-sama membangun komunitas politik.
Kevikepan Surabaya Utara yang diwakili oleh OMK Paroki St Maria Tak Bercela Ngagel dan Paroki Kelahiran SP Maria Kepanjen memilih merencanakan model “cangkrukan” bersama pada 12 April 2009 di Paroki Kelsapa.
Delegasi Kevikepan Kediri dan Blitar merencanakan mengadakan voter education terutama bagi pemilih pemula dan manula. Kegiatan ini sudah terselenggara di aula paroki St. Matheus Pare pada 29 Maret lalu.
Kevikepan Surabaya Barat merencanakan melaku-kan kunjungan OMK di paroki-paroki di Kevikepan Su-rabaya Barat mulai 10-21 Maret 2009 sebagai upaya untuk membangun jejaring dalam rangka pembentukan komunitas politik.
Sedangkan beberapa mahasiswa perwakilan dari PPM langsung merencanakan pembentukan sebuah komunitas diskusi tematis yang dilaksanakan rutin. Pertemuan telah diadakan pada 13 Maret dan 3 April lalu wisma PPM jalan Kaliwaron.
Para OMK ini sadar, berbagai tantangan akan dihadapi dalam pelaksanaan rencana tindak lanjut ini, tetapi dengan keberanian dan keyakinan kuat mereka ingin terus melangkah. HIDUP OMK!

Yuliana Kristiani Dewi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: