Acara di Pare dan Sidoarjo

Cerdas Mencontreng di Pare

9 Maret lalu Mudika St Mateus Pare bekerjasama dengan Tim Relawan Pendidikan Politik (TRPP) Komkep mengadakan sosialisasi Pemilu guna merealisasikan RTL yang dibuat saat Kurpol awal Maret lalu.
Acara yang bertempat di aula paroki ini dihadiri 30 orang peserta dari OMK paroki, beberapa undangan ,dan 3 orang peserta tamu dari Kevikepan Blitar.
Acara dimulai pukul 10.00 diawali dengan sambutan, bernyanyi bersama untuk menghangatkan suasana dan kemudian masuk ke materi. Materi yang disajikan adalah pengantar politik, teknis pemilu 2009 dan kiat menjadi pemilih cerdas. Pukul 13.00 acara berakhir dengan makan siang bersama.

Erlina Kusumo
OMK Paroki St Mateus Pare

Hal-3Cangkrukan Politik di Sidoarjo

Paroki St Maria Annuntiata Sidoarjo menjadi tuan rumah untuk diskusi politik bertema “Cangkrukan”, di Aula SMAK Untung Suropati Sidoarjo. Kepanitiaan acara ini terdiri dari 7 Paroki di Kevikepan Surabaya Selatan. Yohanis Kristian (akrab disapa Yayang) dari Paroki Yohanes Pemandi didaulat sebagai ketua panitia. Acara ini dihadiri oleh 40 peserta perwakilan dari Paroki Hati Kudus Yesus, Paroki Yohanes Pemandi Wonokromo, Paroki Salib Suci Tropodo, Paroki Roh Kudus Rungkut, Paroki Santo Paulus Juanda dan tuan rumah Paroki St Maria Annuntiata Sidoarjo.
Cangkrukan yang digelar Minggu, 26 April lalu ini merupakan tindak lanjut dari Kursus Politik (Kurpol) awal Maret, yang diselenggarakan Tim Relawan Pendidikan Politik Komisi Kepemudaan Keuskupan Surabaya (TRPP Komkep KS).
Acara Cangkrukan dimulai pukul 11.00, diawali doa dan sambutan oleh Fr Koko yang mewakili romo Paroki St Maria Annuntiata Sidoarjo.
Acara diawali dengan nonton film “Gie”, kemudian dilanjutkan diskusi tentang film dan tentang pentingnya OMK terlibat dalam kehidupan politik. Kesimpulan dari diskusi itu adalah OMK harus memiliki sifat yang kritis untuk selalu terlibat dalam kehidupan politik demi kesejahteraan bersama (bonum commune).
Acara yang difasilitasi oleh Anastasia Edwina dari Paroki Yohanes Pemandi dilanjutkan dengan penjelasan tentang politik dan sikap gereja terhadap politik.
Menurut salah seorang peserta yaitu Andrea Rosinova (biasa dipanggil Ochi) dari Paroki St Maria Annuntiata, acara ini dikemas dengan cukup menarik dan menyenangkan, acara diskusi dan belajar politik bersama yang biasanya menjemukan dan membosankan kali ini dikemas dengan santai, nggak berat dan ada unsur fun-nya. Dengan acara seperti ini diharapkan banyak OMK yang tertarik untuk belajar politik bersama sehingga OMK akan lebih peduli dalam mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih baik.

Ari Susanto
TRPP Komkep – OMK Paroki Yopem Sby

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: