ARISAN MISA

ARISAN MISA
OMK Kevikepan Madiun

Hal-2“OMK harus punya sikappolitis. Sikap politis itu merupakan perwujudan cinta akan Ekaristi dalam persaudaraan iman”. Demikian kata Rm. Skolastikus Agus Wibowo, Pr ketika berkotbah dalam arisan misa OMK Kevikepan Madiun di Gereja St Cornelius Madiun (15/03). Selain Moderator OMK di Kevikepan Madiun itu, turut hadir memimpin misa adalah Pastor Paroki St Cornelius Madiun, Rm. Yuni Wimarta, CM. Adapun OMK yang hadir dalam arisan misa tersebut terdiri atas OMK Paroki St Maria Ponorogo, OMK St Cornelius Madiun, OMK Paroki Mater Dei Madiun, OMK Paroki St. Paulus Nganjuk, OMK Paroki St Yosef Ngawi, dan OMK Paroki Regina Pacis Magetan
Ekaristi, kata Romo Bowo, merupakan daya yang menghanguskan hati untuk mewujudkan cinta. Cinta akan Allah melalui Ekaristi mendorong kaum muda untuk membangun persaudaraan sejati sehingga terbentuklah komunitas Katolik sebagai minoritas yang kuat. Cinta merupakan sebuah sikap yang mendorong keterlibatan dalam kehidupan bersama. Pada tataran inilah, cinta akan Allah bernada politis.
OMK, lanjut dia, perlu diberikan ruang gerak yang memadai. Konsep pendampingan jangan sampai memberi ruang yang membatasi ruang gerak OMK. Moderator tidak boleh mengatur, apalagi memaksakan kehendak kepada OMK. Biarkan OMK bebas menentukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan. Cinta sebagai sikap politis diaktualisasikan secara bebas dalam beragam cara. Namun demikian, tidak berarti bahwa OMK bebas melakukan apa saja, sampai terjadi hal-hal yang di luar kontrol. Hal-hal yang menyangkut iman dan moral menjadi wilayah ketegasan seorang moderator. “OMK harus memiliki pondasi iman dan moral yang kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan zaman,” tegasnya.
Sementara itu, Pastor Paroki St Cornelius Madiun yang ditemui di sela-sela acara mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan OMK merupakan starter untuk maju supaya anak muda punya kiprah untuk masa depan gereja. Ia berharap supaya OMK tetap eksist dengan berbagai kegiatan positifnya sambil mencari tenaga-tenaga muda di setiap lingkungan dan stasi sehingga tidak terjadi missing link antargenerasi. Salah satu hal yang perlu dilakukan secara serius adalah melalui kaderisasi dengan strategi among adik. “Yang senior mendampingi junior”, katanya. Among adik bisa dilakukan melalui kelompok kategorial yang sudah ada dalam paroki, seperti BIAK, REKAT, dan OMK itu sendiri. OMK diharapkan dapat mendampingi REKAT dan BIAK.

Arisan Misa
Arisan misa yang dilangsungkan dua bulan sekali tersebut, menurut ketua panitia, Chaterina merupakan upaya untuk mendorong kecintaan OMK kepada Ekaristi sebagai pilar kehidupan Kristiani. Cinta akan Ekaristi menumbuhkan solidaritas dan jejaring OMK sekevikepan Madiun serta mendorong kesadaran berkarya dalam kehidupan bermasyarakat. Usai misa, diadakan acara dialog dengan tema “Dialog Karya OMK dalam Kehidupan Bermasyarakat”. Dialog karya dimaksudkan untuk mengajak OMK untuk semakin terlibat di dalam kehidupan masyarakat seperti yang diteladankan oleh Yesus yang peduli kepada orang-orang miskin dan tertindas.

Stefanus Harmoko & Yohanes Manasye
OMK Paroki Mater Dei – Mahasiswa STKIP Madiun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: