Teater Rakyat dan Kesadaran Politik Rakyat

Teater Rakyat dan Kesadaran Politik Rakyat
Oleh : Theresia Audita Guretti

Hal-4Teater berasal dari kata Yunani, “theatron” (bahasa Inggris, Seeing Place) yang artinya tempat atau gedung pertunjukan. Teater merupakan pertunjukan lakon yang dimainkan di atas pentas dan disaksikan oleh penonton. Seni teater merupakan seni yang menggabungkan banyak unsur, antara lain unsur-unsur audio, visual, dan kinestetik (gerak) yang meliputi bunyi, suara, musik, gerak serta seni rupa.
Teater rakyat adalah salah satu jenis teater yang pembawaannya disesuaikan dengan rakyat sebagai konsumen, terutama dalam hal pembawaan bahasa. Salah satu ciri khas dari teater rakyat adalah harus dapat membebaskan rakyat.
Teater jenis ini juga lebih sering dikenal sebagai Teater Populer (Popular Theatre). Pada tahun 1982 diadakan konferensi teater rakyat di Koitta, Bangladesh. Dalam forum itu disepakati perumusan teater rakyat adalah sebagai berikut : (1) Sebuah medium yang dikontrol oleh rakyat untuk mengekspresikan ide, gagasan dan keprihatinan mereka ketika bentuk-bentuk ekspresi dan media lainnya tidak ada. (2) Suatu alat untuk mengangkat, menghidupkan, mensyahkan, dan menantang budaya dan sejarah rakyat sendiri. (3) Ekspresi untuk berpartisipasi, interaksi, dan ekspresi diri menghadapi ketakutan-ketakutan mereka dan mengembangkan identitas diri, kepercayaan diri, dan kesadaran kelas. (4) Proses pendidikan popular yang menggunakan pisau analisis untuk menemukan keterbatasan-keterbatasan dan kemungkinan-kemungkinan aksi serta membuka kontradiks-kontradiksi dalam kehidupan keseharian.
Teater Rakyat sebagai cabang dari seni teater mulai dilirik oleh sebagian kelompok masyarakat untuk digunakan sebagai media menyampaikan pesan terutama untuk menumbuhkan kesadaran sosial-politik. Kelompok Teater Gandrik yang diprakarsai oleh Butet Kartarejasa adalah salah satu komunitas yang menggunakan Teater Rakyat untuk menyampaikan kritisi-kritisi dan opini terutama terhadap jalannya pemerintahan.
Lalu apa kaitannya teater rakyat dan meningkatnya kesadaran politik rakyat?
Kesadaran politik menyangkut pengetahuan, minat dan perhatian seseorang terhadap lingkungan masyarakat dan politik. Tingkat kesadaran politik diartikan sebagai tanda bahwa warga masyarakat menaruh perhatian terhadap masalah kenegaraan dan atau pembangunan.
Kesadaran politik berbanding lurus dengan pendidikan politik di masyara kat itu sendiri. Semakin kuat pendidikan politik dalam masyarakat, maka kesadaran politiknya juga akan semakin kuat
Dengan kesadaran politik yang rendah saat ini, perlu dikembangkan langkah-langkah alternatif untuk menumbuhkan kesadaran politik di dalam rakyat tak terkecuali oknum-oknum yang memegang kekuasaan. Dengan kesadaran politik yang tinggi, diharapkan ada pemulihan sistem yang berpegang erat pada pancasila dan mengusahakan kesejahteraan bersama.
Teater rakyat merupakan media yang dapat langsung dilihat dan dirasakan oleh masyarakat. Teater Rakyat memiliki potensi cukup besar untuk dijadikan alat menumbuhkan kesadaran politik karena teater merupakan seni yang menggabungkan pencitraan baik melalui gerak, musik dan bahasa. Persuasi dapat dilakukan melalui teater rakyat sehingga dapat dilakukan ideologisasi untuk meningkatkan kesadaran politik di masyarakat.
Ketika tingkat kesadaran berpolitik masyarakat sudah tinggi, maka niscaya dengan sendirinya sistem demokrasi akan berjalan, dengan tentunya didasari sikap patriotisme dan nasionalisme yang ada. Dengan begitu, maka kelas sosial yang sekarang ada karena penyalahgunaan kekuasaan lambat laun akan terhapus.

* * *
PENGANTAR REDAKSI : Artikel ini disunting dari karya tulis ilmiah yang diajukan dalam kompetisi Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Artikel ini ditulis oleh Theresia Audita Guretti, delegasi Temu Moderatores 2009 dari Keuskupan Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: