Tentang Jaringan OMK Pemantau Pemilu Presiden 2009

Hal-1Sebuah kegiatan baru sedang dirancang oleh Tim Relawan Pendidikan Politik (TRPP) Komkep. Kegiatan itu bernama Jaringan OMK Pe-mantau Pemilu Presiden 2009.

Jaringan adalah hubungan antara orang dengan orang ; orang dengan komunitas dan komunitas dengan komunitas. Hubungan ini diciptakan untuk sebuah kepentingan atau tujuan tertentu. Jaringan adalah sistem komunikasi dengan “bahasa yang sama” yang dianut oleh anggota jaringan.

Pemantau adalah orang yang melakukan kegiatan pemantauan. Sedangkan pemantauan sendiri artinya adalah segenap proses, cara atau perbuatan memantau kondisi lingkungan di sekitar TPS selama proses pemungutan suara berlangsung. Termasuk di dalamnya kejadian-kejadian unik, peristiwa penting dan menarik lainnya.

Yang menjadi fokus dari pemantauan ini adalah “Perilaku Pemilih”. Dalam Buku Pegangan yang disusun oleh TRPP, disebutkan bahwa yang dimaksud dengan “Perilaku” adalah segenap aktivitas pemilih (gerak, ucapan, sikap) selama proses pemilihan di lokasi tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu Presiden 2009. Sedangkan yang dimaksud dengan “Pemilih” adalah orang yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Presiden 2009.

Menurut rencana, hasil pemantauan ini akan dipublikasikan meluas, baik untuk umat dan lembaga-lembaga gereja, juga untuk kalangan umum.

Sebelum sampai pada hari-H pemantauan, perlu dilakukan beberapa tahap kerja sebagai berikut : (1) Rekrutmen relawan. Yang direkrut adalah OMK dari berbagai latar belakang. OMK yang direkrut juga terbuka dari berbagai daerah/kelompok di Keuskupan Surabaya. Syarat utamanya adalah memiliki kemauan dan kemampuan untuk memantau. (2) Menggalang dukungan. Para relawan ini perlu menggalang dukungan dari umat, dewan paroki, tokoh umat, tokoh komunitas dan dari hirarki. Dukungan ini dimaksudkan agar kegiatan ini bisa berjalan lancar dan bermanfaat sebagaimana yang diinginkan. (3) Studi bersama. Sebelum memulai kegiatan, perlu diadakan pertemuan intensif bagi para relawan untuk belajar bersama mengenai seluk-beluk Pemilu Presiden 2009. Studi bersama ini dapat dikemas dalam berbagai bentuk yang diinginkan oleh para relawan sendiri. Lewat studi bersama ini wawasan, kapasitas dan kesiapan para relawan akan bertambah.

Kegiatan ini memang terbilang baru di kalangan OMK. Baik dari bentuk maupun dari rangkaian kegiatan yang menyertainya. Yang menjadi ujian dari kegiatan ini adalah aktivitas berjejaring dan berkoordinasi. Perlu dipikirkan bagaimana bekerja dalam irama yang sama di lokasi/daerah yang terpencar yang melibatkan banyak orang. Tidak seperti kerja kepanitiaan biasa yang umumnya tersentral di satu lokasi dan waktu yang sama.

Sebagai kegiatan yang baru, Jaringan OMK Pemantau Pemilu Presiden 2009 ini akan menyum-bang pengalaman yang berharga bagi dinamika OMK di kemudian hari.

Indikatornya bukan pada kesuksesan acara, melainkan pada keseriusan kita dalam menggeluti suka-duka acara ini.

Selamat memantau. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: