Berkumpulnya Para OMK Pemantau Pilpres

Hal 5Sabtu, 5 September lalu, di Komkep digelar Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi kelompok terfokus.

FGD ini adalah “jembatan” menuju kegiatan Forum Publik. Dalam Forum Publik, semua hasil yang telah dilakukan oleh TRPP akan dipertanggungjawabkan kepada publik, (termasuk hirarki). Pertanggungjawaban ini seyogyanya benar-benar memaparkan seluruh proses yang telah terjadi.

FGD adalah diskusi kelompok terfokus yang topiknya sudah ditentukan sebelumnya dengan tujuan untuk mendapatkan hasil diskusi seperti yang diinginkan. Ciri khas metode FGD yang tidak dimiliki oleh metode riset kualitatif lainnya (wawancara mendalam atau observasi) adalah interaksi, yaitu interaksi antar peserta diskusi tersebut. Alur diskusi dalam FGD difasilitasi oleh seorang moderator dan dibantu seorang notulis.

Dalam FGD, fungsi moderator sangat menentukan alur dan interaksi diskusi. FGD menggunakan beberapa pertanyaan panduan yang akan diajukan kepada peserta untuk dieksplorasi lebih mendalam dan dirangkum sebagai hasil bersama kelompok.

Fokus FGD kali ini sudah dilampirkan bersama dengan surat undangan. Tujuannya agar peserta lebih mempersiapkan diri.

Meski molor 30 menit dari jadwal, kehadiran peserta sudah memenuhi target TRPP. 15 orang datang memenuhi undangan.

Doa dan pengantar menjadi pembuka acara sore itu. Setelah itu peserta dibagi dalam dua kelompok. Kelompok A untuk para relawan yang telah mengikuti rangkaian pendidikan politik hingga Pemantauan Pilpres. Sedangkan kelompok B untuk para relawan yang tidak mengikuti pendidikan politik, namun menjadi relawan pemantau Pilpres 2009.

Kelompok A dengan moderator Ari Susanto berdiskusi di lantai 3 gedung Catholic Center sedangkan Kelompok B dengan moderator Ferdinand Vidiandika berdiskusi di lobi lantai 2.

Ada beberapa pertanyaan yang didiskusikan dalam kelompok A, mencakup kesan dan evaluasi pada kegiatan-kegiatan TRPP. Kegiatan yang dimaksud adalah Kursus Politik, Maret 2009 dan diikuti oleh Rekoleksi Politik pada Mei 2009.  Kedua kegiatan ini diharapkan bisa membuka cakrawala wawasan relawan tentang politik, maka perlu diingat materi apa yang mampu membuat relawan mencapai keterbukaan wawasan dan mengkritisi  materi yang perlu disempurnakan.

Peserta FGD juga diminta menilai kegiatan pendidikan politik yang sudah dilakukan oleh TRPP Komkep sepanjang tahun 2009 ini; hal-hal apa yang perlu diperbaiki dan menjadi rekomendasi untuk pendidikan politik selanjutnya. Termasuk apa yang dibayangkan akan menjadi hasil akhir dari pendidikan politik OMK di Keuskupan Surabaya.

Tak kalah seru, Kelompok B pun mendiskusikan beberapa pertanyaan tentang proses keterlibatan mereka dalam “Pemantauan Pilpres 2009”.

Peserta diminta mensharingkan pergulatan pribadi, hal-hal yang menguatkan atau melemahkan komitmen dan peristiwa inspiratif.

Diskusi yang ketat, namun asyik dan ‘gayeng’ ini memang keunggulan metode FGD yaitu interaktif. Waktu yang dijadwalkan satu setengah jam untuk diskusi pun molor hingga 2 jam.

Setelah makan malam bersama, acara ditutup dengan pembacaan kesimpulan FGD. Di ujung acara, koordinator TRPP, Andre Yuris, mengutip kata-kata romo Mangunwijaya, “Segala pembaharuan besar di mana pun dan kapan pun tidak pernah dimulai dari massa banyak, tetapi oleh suatu gremium kecil tetapi yakin dan cerdas. Dengan modal apa? Pertama: hati yang mampu mendengar dan ikut meneruskan penderitaan rakyat dan secara pribadi tak gentar menderita pula. Kedua: berintelegensi tinggi, mampu menyerap segala yang baik dan bijak dari budaya dunia. Ketiga: selalu mencari jalan damai, jalan tanpa kekerasan, tanpa mengabaikan hak membela diri bila kekerasan dipakai lawan. Ke-empat: waktu. Perubahan dan perbaikan besar-besaran memerlukan waktu bila mau mengakar mendalam. Tidak pernah ada perubahan total berjalan mendadak dan lewat jalan pintas.” (*)

Silvana Widhiarti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: