Visi-Misi Komkep dan Ardas Keuskupan

Hal 1Tahun ini, visi-misi Komkep memasuki tahun terakhir sejak dirumuskan empat tahun lalu. Dapat diduga, visi-misi ini dihasilkan dari diskusi yang panjang dengan referensi terbesar berasal dari Pertemuan Nasional Orang Muda Katolik Indonesia (Pernas OMKI) di Cibubur Jakarta, November 2005. Pertemuan besar ini mengangkat tema Road of Change dengan Nota Pastoral KWI 2004 berjudul Keadaban Publik, sebagai semangat dasarnya.

Setahun setelah merumuskan visi-misi, Komkep mengalami pergantian ketua. Sehubungan dengan itu, visi-misi diperkuat dengan dua prioritas perhatian : (1) memelihara, mengembangkan, menghidupkan lagi dan merintis jaringan karya pastoral pendampingan OMK dan (2) mensosialisasikan dan mengintegrasikan “Pendidikan Nilai” sebagai arah gerak pastoral pendampingan OMK.

Prioritas perhatian inilah yang menjadi fokus kegiatan Komkep hingga hari ini, termasuk juga beberapa kegiatan rutin dan kegiatan insidentil lainnya.

Kehadiran Uskup baru dan kuria pada Juni 2007 membawa warna baru dalam hidup berkomisi. Penataan organisasi dan administrasi komisi-komisi Keuskupan dilakukan bersamaan dengan permurnian kembali hakikat hidup menggereja dengan menggulirkan “pastoral berbasis persekutuan”.

Komisi-komisi Keuskupan yang telah lama hidup tanpa sinergi dikembalikan lagi pada jati dirinya sebagai perangkat pastoral yang membantu Uskup dalam karya pastoralnya.

Rupanya bukan kebetulan jika di akhir tahun ini juga akan dirumuskan Arah Dasar (Ardas) Keuskupan Surabaya untuk 10 tahun ke depan. Jika segalanya berjalan lancar, visi-misi Komkep dan Ardas akan bertemu dan berangkat dari titik yang sama.

Di penghujung tahun inilah kesempatan untuk menyamakan dan mensinergikan visi-misi Komkep dan Ardas Keuskupan. Inilah kesempatan bagi Komkep (dan komisi Keuskupan lainnya) untuk kembali pada jati diri sebagai perangkat pastoral.

Selanjutnya, setelah visi-misi Komkep dan Ardas Keuskupan memiliki “benang merah” yang sama, maka tugas, tanggung jawab dan wewenang Komkep sebagai fasilitator bagi pemberdayaan OMK akan lebih akuntabel dan terukur.

Bersama dengan paroki, kevikepan dan kelompok kategorial OMK, kita bangun optimisme bangkitnya OMK Keuskupan Surabaya. (*)

Yudhit Ciphardian

(EDISI BERIKUTNYA : Catatan kritis terhadap visi-misi Komkep 2005-2009)

BOX

Visi Misi Komkep 2005 – 2009

Visi : Orang muda yang mempunyai kemauan belajar terus-menerus dalam pengembangan diri dan organisasi, sehingga menjadi orang muda yang memiliki kepekaan, kemandirian dan terlibat dalam

kehidupan sosial.

Misi : (1) menciptakan peluang dalam proses belajar; (2) mengadakan penguatan organisasi; (3) membangun networking; (4) menciptakan keterlibatan dalam kehidupan sosial.

One Response to “Visi-Misi Komkep dan Ardas Keuskupan”

  1. OASE ROHANI Says:

    INFO dari JAKARTA untuk para MUDIKA atau OMK se-INDONESIA:
    http://oaserohani.wordpress.com
    http://obor.blogsome.com/oase-rohani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: